Tips Membuat Keluarga Semakin Harmonis

Saat masih berpacaran, mungkin banyak orang yang berusaha melakukan apapun hal yang bisa mencuri hati pacarnya. Tapi ketika sudah menikah, ternyata hal seperti itu sudah tidak lagi dilakukan. Inilah yang menjadi masalah dalam banyak rumah tangga, termasuk rumah tangga anak-anak Tuhan. Sudah rajin ke Gereja, rajin pelayanan, tapi dalam rumah tangganya bagaikan “NERAKA!”

Bagaimana agar rumah tangga bisa “di bumi seperti di Surga” ?

Berikut beberapa tips yang bisa Anda lakukan :

1. Hadirkan Tuhan dalam hidupmu

Hasil penelitan membuktikan bahwa agama bisa menjadi perekat pernikahan. Seperti contohnya di alkitab tertulis :

Maleakhi 2:13-16
2:13 Dan inilah yang kedua yang kamu lakukan: Kamu menutupi mezbah TUHAN dengan air mata, dengan tangisan dan rintihan, oleh karena Ia tidak lagi berpaling kepada persembahan dan tidak berkenan menerimanya dari tanganmu. 2:14 Dan kamu bertanya: “Oleh karena apa?” Oleh sebab TUHAN telah menjadi saksi antara engkau dan isteri masa mudamu yang kepadanya engkau telah tidak setia, padahal dialah teman sekutumu dan isteri seperjanjianmu. 2:15 Bukankah Allah yang Esa menjadikan mereka daging dan roh? Dan apakah yang dikehendaki kesatuan itu? Keturunan ilahi! Jadi jagalah dirimu! Dan janganlah orang tidak setia terhadap isteri dari masa mudanya. 2:16 Sebab Aku membenci perceraian, firman TUHAN, Allah Israel–juga orang yang menutupi pakaiannya dengan kekerasan, firman TUHAN semesta alam. Maka jagalah dirimu dan janganlah berkhianat!

Orang-orang Kristen yang tahu kebenaran Alkitab, maka ia pasti tidak ingin bercerai, sekalipun pasangannya “mbencekno”, “suka membantah” dll. Sampai batinnya tersiksa dengan berkata : “Gapapa dia begitu, aku tetap akan mengalah. Tuhan tahu segalanya”, padahal segala sesuatu itu terjadi karena ada SEBAB. Tidak mungkin ada ASAP kalau tidak ada API. Jadi harus INSTROPEKSI.

Kalau rumah tangga kacau, tapi tetap bertahan karena berkeyakinan bahwa agama melarang perceraian, maka hal ini sesungguhnya pemahaman yang salah. Yang seharusnya dilakukan adalah MENGHADIRKAN TUHAN dalam RUMAH TANGGA. Mungkin selama ini kita sibuk dengan pelayanan, tapi tidak pernah menyediakan waktu untuk keluarga, mengajak mereka berdoa, bersehati dan sepikir, tidak kompak, sehingga mudah sekali mendapat serangan iblis.

Ketika Tuhan Yesus hadir dalam keluarga kita, maka manisnya pernikahan akan bisa kita rasakan, seperti anggur yang tidak ada habis-habisnya pada pernikahan di KANA.

Hadirkan Tuhan dalam hidup dan keluargamu, jadikan DIA raja dalam hidupmu.

YouTube video

 

2. Tumbuhkan Cinta setiap harinya dengan melakukan hal-hal ini

Seperti tanaman yang harus terus disirami dan diberi pupuk agar terus bertumbuh dan berbuah lebat, maka CINTApun juga demikian. Cinta yang tidak disirami lama-lama akan mati. Demikian pula, ketika seorang suami suka dengan perempuan lain, dan dia terus menumbuhkan benih cinta itu dalam hatinya, maka bisa jadi akan terjadi perselingkuhan. Tapi jika seorang suami berani berkata “STOP” untuk tidak lagi menumbuhkan benih itu, maka dia bisa menyelamatkan dirinya sendiri dari jebakan perselingkuhan dalam hati.

Berikut beberapa tindakan yang bisa menumbuhkan dan meningkatkan rasa cinta pasangan dan keluarga setiap harinya :

a. Berikan perhatian kecil

Tahukah Anda bahwa memberikan perhatian kecil pada pasangan ternyata ampuh dalam menumbuhkan perasaan cinta satu sama lain setiap harinya? Hal ini dirasa mampu untuk menjadi salah satu cara agar hubunganmu berdua terasa lebih hangat satu sama lain. Oleh sebab itu, jangan sampai ragu memberikan perhatian satu sama lain ya.

b. Obrolan santai satu sama lain di kala senggang

Komunikasi tentu saja akan menjadi kunci keberhasilan dari suatu hubungan, apabila memang kamu sungguh-sungguh dalam mencintainya maka jagalah hubungan tersebut melalui komunikasi yang baik. Dulu waktu pacaran, sangat intens berkomunikasi, maka sekarangpun terlebih dalam pernikahan tetap pertahankan hal itu. Jangan sampai ada yang merasa “tidak dimanusiakan” karena tidak pernah diajak ngomong saat mengambil keputusan.

Mengobrol santai dengan pasangan sudah tentu menjadi nilai tambah tersendiri untuk menambah perasaan cinta satu sama lain setiap harinya. Hindari obrolan yang berhubungan dengan pekerjaan atau hal-hal lainnya sebab akan membuat obrolanmu dan pasangan menjadi membosankan.

c. Berikan kejutan-kejutan kecil pada pasangan

Salah satu cara untuk menumbuhkan rasa cinta pasa pasangan setiap harinya adalah dengan cara memberikan kejutan-kejutan kecil, namun berarti dan bermakna.

Kejutan tersebut tentu saja tidak perlu sesuatu yang mahal atau rumit, mungkin saja kamu bisa mengantarkannya bekal untuk sarapan atau makan siang dan kamu juga bisa memberikan setangkai bunga untuk menyemangati harinya dengan sepucuk surat cinta.

d. Ungkapan cinta

Meski terdengar klasik dan biasa, namun setiap hubungan percintaan tetap membutuhkan ungkapan cinta satu sama lain lho sebagai pembuktian akan perasaan yang sesungguhnya. Hal ini bukan berarti setiap pasangan harus membual, tetapi ungkapan ini harus berasal langsung dari dalam hati.

e. Fokuskan perhatianmu pada pasangan saat bertemu

Jika Anda merupakan pasangan yang jarang bertemu sebab urusan pekerjaan yang membatasi, maka Anda dapat memfokuskan perhatian hanya pada pasangan semata saat bertemu. Usahakan untuk tidak menggunakan gadget selama bersama pasangan sebab akan merusak kualitas waktumu dengannya.

f. Jangan menunda keinginan pasangan

Misal istri meminta tolong untuk memasang air galon, tinggalkan sejenak semua pekerjaan dan segeralah memasang air galon. Kerjakan segala sesuatu dengan eksekusi yang cepat. Termasuk jika istri meminta liburan, coba perhitungkan sejenak waktu yang tepat untuk segera liburan. Prioritaskan pasangan, maka Andapun juga akan diprioritaskan olehnya.

Selain melakukan apa yang diinginkan pasangan, Anda juga sebaiknya tidak melakukan apa yang tidak disukai pasangan. Coba cerna kenapa pasangan Anda tidak menyukai hal itu agar Andapun bisa menerima alasannya.

g. Panggil pasangan dengan sebutan “sayang”

Anda bisa memanggil pasangan Anda dengan “Hei yang, waktunya makan, sudah mama siapkan makanannya di meja makan. Makan yuk!”. Panggilan sayang itu mengkondisikan orang untuk RELAX. Sesibuk apapun dia akan jadi RELAX karena dipanggil dengan panggilan sayang.

 

3. Lebih cepat mendengar daripada berkata-kata

Komunikasi adalah HAL TERPENTING dalam hubungan antar manusia, demikian pula dalam keluarga. Jangan terlihat seperti kerja sendiri-sendiri, yang istri pikirannya ke arah X, yang suami ke arah Y, jadi ga nyambung dan tidak ketemu titiknya.

Pengkotbah 4:9-12

4:9 Berdua lebih baik dari pada seorang diri, karena mereka menerima upah yang baik dalam jerih payah mereka. 4:10 Karena kalau mereka jatuh, yang seorang mengangkat temannya, tetapi wai orang yang jatuh, yang tidak mempunyai orang lain untuk mengangkatnya! 4:11 Juga kalau orang tidur berdua, mereka menjadi panas, tetapi bagaimana seorang saja dapat menjadi panas? 4:12 Dan bilamana seorang dapat dialahkan, dua orang akan dapat bertahan. Tali tiga lembar tak mudah diputuskan.

Iblis akan sukar mengalahkan keluarga yang memiliki kesatuan hati. Lakukan komunikasi secara intens dengan pasangan dan anak. Jangan ada yang merasa SUPERMAN atau SUPERWOMEN, sehingga menganggap yang lain tidak dibutuhkan. Semua hal harus dikerjakan bersama-sama.

Gunakan kata-kata yang lembut sekalipun Anda mungkin sedang marah, agar tidak menimbulkan ketidaknyamanan. Arahkan telinga jika pasangan sedang berbicara.

 

4. Lakukan hal di atas secara konsisten

Cinta kasih akan bertambah subur ketika ADA PERBUATAN BAIK yang dilakukan secara KONSISTEN. Perhatian dan Kepedulian akan menambah api cinta. Hal-hal kecil dan sepele seperti contohnya saat suami pulang, istri berkata : “Pa, capek ya? saya bikinkan teh ya”…

Kemurahan hati akan membuat pasangan semakin mencintai.
Semakin lama semuanya akan menua. Tapi cinta itu tumbuh bukan karena fisik semata, tapi karena HATI YANG INDAH.

Leave a Reply