Bertanding Dalam Kehidupan

2 Timotius 2: 5 “Seorang olahragawan hanya dapat memperoleh mahkota sebagai juara, apabila ia bertanding menurut peraturan-peraturan olahraga.”

Saat kita bermain dengan baik, sebagaimana menjalani kehidupan dengan baik, kita pasti akan mendapatkan hadiah kemenangan. Sebuah pepatah berkata, “Bukan perkara menang atau kalah, tapi yang terpenting adalah bagaimana kamu bermain”. Di tengah budaya saat ini, banyak orang yang memilih melakukan segala cara untuk menang, termasuk melanggar integritas.

Tentu saja hal itu sangat bertentangan dengan apa yang dilakukan oleh Paulus, dimana dia menaruh seluruh hidupnya untuk ‘fokus pada tujuan, iman, kesabaran, kasih, ketekunan, penganiayaan dan penderitaan’ (2 Timotius 3: 10-11).

Dan saat hidupnya harus berakhir di ruang eksekusi, Paulus menulis, “Aku telah mengakhiri pertandingan yang baik, aku telah mencapai garis akhir dan aku telah memelihara iman. Sekarang telah tersedia bagiku mahkota kebenaran yang akan dikaruniakan kepadaku oleh Tuhan, Hakim yang adil, pada hari-Nya; tetapi bukan hanya kepadaku, melainkan juga kepada semua orang yang merindukan kedatangan-Nya.” (2 Timotius 4: 7-8)

Kebanyakan dari kita akan menganggap orang yang dihukum mati adalah orang yang sia-sia. Tapi kesetiaannya memenuhi panggilan Tuhan, kematian Paulus justru adalah sebuah kemenangan. Dia adalah seorang pemenang!

Sebagian dari kita juga mungkin mengalami hal yang sama seperti Paulus. Mungkin kita juga mengalami kesulitan, pencobaan, penganiayaan dan kehilangan. Tapi karena kita tetap memegang tangan Tuhan dan melakukan yang terbaik dalam hidup sesuai dengan kehendak-Nya, maka kita juga adalah pemenang.

Jika kita meluangkan waktu setiap hari dan mengamatinya, kita akan menemukan kemenangan itu bisa terjadi setiap hari. Karena Tuhan menyediakan kemenangan dalam perjalanan hidup kita setiap hari sebagai sebuah misteri kebahagiaan bagi kita.

Jadi, orang-orang percaya di dalam Kristus harus percaya bahwa mahkota kebenaran sudah disediakan Tuhan untuk kita di surga. Kita hanya perlu menunggu waktu untuk memperolehnya.